World Meet Cio

Share tentang cerita melahirkan itu nyenengin banget ya, gue pribadi sih suka banget ngebaca cerita tentang lahiran di forum sebelah, thats why gue pengen banget nyeritain gimana sih kronologis lairannya Cio, si baby super gemesiiiin..


Dua minggu sebelum lahiran, gue pulang ke kampung halaman di Banjarnegara, sebelumnya gue sama suami tinggal di jogja, cuman karena ngga berani lahiran disana sendiri tanpa didampingi keluarga, ya kita memutuskan buat pulang ke kampung aja, biar banyak yang nemenin sekaligus ngerawat. Secara anak pertama, dan gue sendiri belom pernah pegang bahkan gendong bayi sekalipun, jadi si Cio ini bakal jadi uji coba gue, yaelah uji coba emang apaan..haha.. oke kembali ke topik..


Setelah dianter pulang kampung, suami langsung balik jogja dan dia memutuskan seminggu sekali pulang buat nemenin kontrol si calon debay. Seminggu kemudian suami pulang buat kontrol, dan kita mencoba pilah pilih mana yang kira kira cocok buat lahiran ntar, akhirnya pilihan jatuh di Rumah Sakit Bersalin Anugerah bersama dokter Haryata.


(Dirumah sakit bersalin) dokter mengatakan bahwa bayi sudah siap dilahirkan seminggu kemudian, walaupun HPLnya tgl 24 november 2015, berarti waktu itu masih sekitar 2 minggu lagi. Setelah kontrol, suamipun balik ke jogja lagi dan bakal balik seminggu kemudian. Gue sih berharap dan berdo'a banget pas suami pulang besok si calon debay udah mau brojol, biar ngepasin gitu, pan repot jg kalo lahiran pas suami di jogja.


Seminggu kemudian suami pulang, malemnya kita masih becanda gitu sebelum tidur. Setelah capek becandaan suamipun tidur pas jam 12 malem, dan apesnya gue ngga bisa tidur. Lama lama gue ngerasa ada yang ngga beres di perut, kayak kram mau (dapet) gitu yang durasinya 10 menit sekali, dan masih bisa ditahan. Disela sela kram kadang kebelet pipis pula, pas liat (maaf) cd udah ada lendir putih, gue pikir "aah masih lama ini, kalo mau lairan kan keluarnya lendir agak merah". Kemudian balik kamar dan nyoba buat tidur, gue colek colek suami dan bilang "mas mas, aku kok ngrasa kram gitu ya, terus pegel banget di pinggul belakang, pijitin sih" dia bangun ngelus2 bentar abis itu ngorok lagi... hffffttt... yaudah deh ah gue tahan aja ampe pagi.


Paginya, bilang ama ibu " bu perutku kok berasa kram banget ya dari tadi pagi" ibu langsung panik sambil bilang "itu mau lahiran itu mau lahiran" kemudian bilang ke mbah uti ama dukun beranak buat ngecek doang apakah ini udah deket lahiran ato belum. Setelah dicek, ternyata bener katanya udah pembukaan 1. Langsung lah gue beres beres perlengkapan debay yg masih berantakan dilemari, asal comot aja yg penting kebawa semua, dan cuuus ke rumah sakit bareng suami dan bibi.


(Jum'at 20 november 2015 jam 07.00 wib)

Sesampainya di rumah sakit si bibi langsung nyelonong aja ke dalem dan bilang ama perawatnya kalo gue mau lairan udah pembukaan satu. Nah perawatnya bingung tuh, kok ibu bisa tau kalo udah pembukaan satu itu dari mana.. si bibi bilang dari mbah dukun.. adeeh ada ada aja deh ah.. dibawalah gue ke ruang persalinan dan dicek vt, emang bener udah bukaan satu, langsung deh pesen kamar.


Dikamar dengan ditemenin bibi, karna suami keluar jemput ibunya (mertua), gue masih bisa becanda becanda, nonton tv, makan makan ama jalan kesana kesini buat mempercepat pembukaan.  Kala itu, kontraksi masih berjeda 10 menit sekali. Karna capek jalan mulu, yaudah baringan aja deh sambil miring kiri, katanya buat mempercepat pembukaan jg, ternyata emg bener, kontraksinya jadi lebih sering. Kemudian, perawat kekamar buat ngecek detak jantung bayi, kedengeran deg deg deg gitu, dan gue pengen nangis setiap denger detak jantungnya, ngerasa aja dia lg berjuang buat keluar nyari jalan lahir, kita sama sama berjuang ya naak.. :'( setelah dicek, perawatnya bilang "bu kalo udah ngga kuat langsung bilang ke perawat ya, nanti dibawa ke ruang persalinan ya".

(Jam 10.00 wib)
Suami datang bersama ibu mertua dan 2 kerabatnya. Waktu itu gue masih bisa ngobrol becanda ama keluarga. Ketika kontraksi dateng gue tarik nafas lewat hidung buang lewat mulut gitu terus sampe kontraksinya ilang, dan suami sempet sempetnya ketawa ngeliat gue kesakitan tiap kontraksi. Ya gue kesel lah, bini lagi kesakitan dianya ketawa!!!. Jam terus berlalu, suamipun pergi ke masjid buat jum'atan.

Sepulang jum'atan, gue masih becanda becanda ama suami sambil nikmatin rasanya kontraksi yang masih berjeda 10 menit sekali, sambil sesekali kebelet pipis. Pas pipis liat ada lendir darah merah keluar, bibi ngeliat sambil bilang "wah bagus itu bentar lagi lairan". setelah itu gue berbaring sambil bercandaan ama suami dan bibi tiba tiba "proooot" ketuban pecaaaaah!!! Gue langsung panik dan takut, wah pecah gimana nih takut ketubannya abis baru bukaan segini.

Kemudian gue dibawa ke ruang persalinan dan disuruh berbaring miring ke kiri, buat mempercepat pembukaan. Ya Allah rasanyaaa maknyooos bgt, kontraksi udah berjeda 3-5 menit sekali dan setiap kontraksi rasanya ngga tahan pengen ngeden, tp di bilangin ama bibi jangan sampe ngeden karna belom waktunyaa... subhanallah bgt rasanya... disitu tiap kontraksi dateng gue ngga sadar nyakar2 suami..hahaha...

Waktu terus berlalu dan kontraksi semakin tak tertahankan... si bidan, perawat dan dokternya malah ngga tau kemana. Gue ampe bilang ke suami " ya Allah mas, sakit banget,mana sih bidannya ngga tahan nih aaah". Suami keluar nyariin bidan, ngga lama kemudiam bidan dateng buat ngecek bukaan dan ternyataa jeng jeng bukaan udah lengkap.

Bidan mulai mempersiapkan semuanya, dokterpun dipanggil kemudian gue dituntun buat ngeden. Ngeden pertama salah, harusnya ngeden diperut eh gue malah ngeden dileher..hahha... pas mau ngeden kedua gue udah keabisan tenaga pas kontraksi tadi, kemudian disuruh minum teh manis yang banyak biar ada tenaga buat ngeden. Oke! Ngeden kedua udah bener tapi ngga kuat padahal kepala baby udah keliatan! Gue ampe bilang "ya Allah aku udah ngga kuat" sampe sampe dokternya ketawa dan bibi bilang "jangan bilang ngga kuat, ayo ayo km pasti bisa, bismillah" gue berusaha lagi sambil bilang "ya Allah ayooo de keluar" kemudian keluarlah baby mungil lucu nan menggemaskan yang kita beri nama "Capriccio Elary Nabhan" :)

Comments